Tips Aman Belanja Online, Semuanya Tentang Toko Online

Tips Aman Belanja Online, Semuanya Tentang Toko Online

Tips Aman Belanja Online – Kali ini saya akan sharing sebuah artikel tentang online shop, artikel ini saya buat atas request dari om Kurniawan Saputra biasa dipanggil Bolank, yang sampe sekarang saya ga tau bolank ini Bocah Petualang atau Bocah ilang. Peace ^^v . Di artikel ini akan saya bahas tentang istilah dan tips dalam dunia Online Shop. Selamat membaca… ^^

Online Shop merupakan sebuah toko barang atau jasa dalam dunia digital, entah itu berupa website, iklan, chat atau lainnya selagi masih bisa diakses dalam dunia internet. Di era digital ini, sebuah online shop merupakan pilihan dari kebanyakan orang karena aksesnya yang mudah, bisa melihat semua produk yang dijual tanpa perlu mendatangi toko fisiknya, dan juga dapat menghemat waktu dan energi, namun dibalik semua itu kita sebagai buyer harus berhati hati dikarenakan masih banyak oknum yang memanfaatkan online shop untuk melakukan kejahatan, seperti penipuan, pencucian uang, carding, fake order, bid and run dan lain sebagainya, jujur waktu itu saya pernah tertipu 🙁 membeli sebuah notebook merek Ac*R harganya sih wajar emang pas dipasaran jadi ga ada curiga atau apalah, udah transfer, kasih alamat, eh ternyata barangnya ga nyampe nyampe, sampe sekarang loh, itu pengalaman yang menyedihkan, gundah gulana, galau. yah maklum duit sendiri pas masih bocah sekolahan hasil dari utak atik internet… hahaha.. maka dari itu menjadi pelajaran buat saya sendiri, biar ga terjadi lagi pada saya atau pun orang lain.

Saya akan memberikan sebuah tips supaya tidak tersesat dalam dunia online shop ( buset kaya di luar negeri aja tersesat.. -_- )

Berikut tips berbelanja online

  1. Cari seller yang menampilkan produk gambar yang asli, gambar yang di take langsung dengan camera, yang kondisinya sesuai pada deskripsi produk, bukan gambar ilustrasi.
  2. Jangan tergiur dengan harga yang tak masuk akal, bisa saja harga murah cuman pasti ada minus kondisi, entah itu dent, box rusak, atau cacat lainnya.
  3. Tanyakan pada seller stok dari produk tersebut, dan pastikan seller bisa menyanggupi utuk mengirim setelah transaksi terjadi, hal ini untuk mengecek apakah produk yang mas vroh order habis, mas vroh ga mau kan kalo harus nunggu restok, iya kalo cepet, kalo lama.. nah lo..
  4. Carilah seller yang sudah verified, terkenal atau reccomended, biasanya ada reputasi dan detail detail lain.
  5. Pakailah Rekber jika mas vroh bertransaksi dengan seller yang bukan langganan. fasilitas Rekber yang saya tau itu ada di fjb Kaskus, bukalapak.com, lazada.com dll, untuk olx, tokopedia dan lainnya harus direct transfer.

    Rekber itu rekening bersama, semacam pihak ketiga, jadi uang kita transfer dulu ke rekber, kemudian pihak rekber memberi pesan pada penjual agar barang segera dikirim, setelah barang diterima pembeli dan puas sesuai kondisi, maka rekber akan meneruskan dana yang mas vroh transfer ke penjual.

  6. jika memungkinkan mintalah COD dengan si seller, COD itu Cash on Delivery semacam ketemuan disuatu tempat yang disepakati agar bisa melihat kondisi barang secara langsung.
  7. Setelah seller mengirimkan nomor resi atau nomor tracking, silahkan cek nomor tersebut pada web JNE, Tiki, Pos, atau logistik lain. Jika belum tampil status pengirimannya, sabar aja, biasanya memakan waktu sekitar 3 – 12 jam.

Jika terpaksa transfer ingat point ke 4, seller dengan reputasi baik..
Ingat juga bahwa Nafsu Membawa Luka..

Demikian curhat, tips dan sharing tentang transaksi aman dalam belanja online, jika ada yang mau menambahkan atau koreksi bisa ditulis di kolom komentar.
Terima Kasih

Leave a reply

Dimohon untuk tidak memasukkan live link (http,www) kedalam kolom komentar, jika ingin memasukkan domain anda, cukup isi namadomain dan tld nya, tanpa http dan www. Terimakasih ^^