Pengertian Web Hosting dan Hosting Panel

Pengertian Web Hosting dan Hosting Panel

Pengertian web hosting adalah sebuah service atau layanan yang menyediakan resource dari server untuk disewakan kepada semua orang yang membutuhkannya untuk menempatkan file atau informasi di jaringan internet, jadi kita tidak perlu memiliki server sendiri yang berjalan 24 jam untuk menempatkan informasi tersebut di internet, hanya cukup memakai layanan web hosting.Hosting juga ada yang namanya Shared hosting ( 1 server untuk banyak user , sharing resources ), ada Dedicated Hosting ( 1 Server untuk 1 user ), atau Reseller Hosting ( hosting yang bisa dijual kembali ).Service pada hosting itu bermacam macam, mulai dari web, ftp, email, vpn, dll.Untuk memakai layanan hosting, kita menggunakan yang namanya Control Panel. Control Panel adalah sebuah aplikasi yang ada pada hosting untuk mempermudah pengaturan hosting, aplikasi ini mirip seperti os, dan tentunya berbasis GUI, namun sebenarnya aplikasi ini merupakan kumpulan script-script dan command yang didesain sedemikian rupa untuk memudahkan webmaster dalam mengelola website.

Jenis control panel hosting bermacam macam, ada cPanel, Plesk, DirectAdmin, sPanel, dan masih banyak yang lain.Tetapi yang paling populer adalah cPanel, namun jangan salah ya, ga semua Control Panel itu gratis ataupun opensource, seperti cPanel itu ada lisensinya bisa perbulan atau tahun. Jangan khawatir karena untuk Control panel sudah include dalam hosting kecuali jika mas vroh menyewa VPS atau Dedicated Server, harus install sendiri dan beli lisensi sendiri. Untuk fitur dari control panel sendiri ada banyak sekali.

Fitur dari control panel hosting :

  • Mengelola hosting account ( melihat detail account, mengganti password, dll )
  • Mengelola domain ( menambah domain, subdomain )
  • mengelola email ( forwarding, email account, filter, dll )
  • Mengelola database
  • Mengelola File ( FTP, Net2FTP, dll )
  • Cron Jobs ( menjadwalkan script, scheduler )
  • Mengatur DNS
  • dan yang lainnya

Namun syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar atau mendapatkan layanan hosting harus ada yang namanya Domain atau Subdomain, untuk yang belum tahu tentang domain atau subdomain, bisa ke artikel apa itu domain dan kegunaanya.

Oh ya, Hosting juga ada yang IX dan IIX perbedaanya hanya letak server hosting tersebut. Untuk IX berada di luar negeri, sedangkan IIX berada dalam negeri, tergantung dari audience atau target dari web yang ingin dibuat, jika targetnya orang Indonesia berarti tinggal pilih yang IIX, sedangkan targetnya untuk global bisa pilih IX.Pemilihan ini sangat penting karena menyangkut dengan kecepatan loading website, namun ada cara untuk mempercepat loading yaitu dengan menggunakan CDN, yang belum tau CDN bisa baca di apa itu cdn dan kelebihannya.

Mungkin segitu saja untuk penjelasan tentang hosting nya. Tunggu artikel artikel bermanfaat lainnya di aripratama.com

Bye ^^

Related Posts
Comment ( 1 )
  1. Hosting gratis terbaik untuk anda - Ari Pratama
    February 11, 2015 at 1:42 pm
    Reply

    […] website. Untuk yang sudah tau tentang hosting tapi belum mendalami, silahkan cek pada artikel pengertian hosting dan apa itu panel hosting. Disitu dijelaskan juga macam macam dari control panel. Saya dulu belajar tentang basic web […]

Leave a reply

Dimohon untuk tidak memasukkan live link (http,www) kedalam kolom komentar, jika ingin memasukkan domain anda, cukup isi namadomain dan tld nya, tanpa http dan www. Terimakasih ^^