Apa itu SSH berikut kegunaannya

Apa itu SSH berikut kegunaannya

SSH atau Secure Shell adalah sebuah protokol jaringan yang terenskripsi untuk menjalankan shell sessions atau bisa juga disebut terminal ( text based ) dengan aman, tidak bisa terbaca oleh orang lain.Dengan SSH, kita dapat menjalankan sebuah perintah pada mesin tujuan tanpa berada didekat mesin tujuan ataupun secara langsung menggunakan mesin tujuan, istilahnya Remote. User juga bisa membuat jaringan yang tidak aman ( seperti pada jaringan publik, wifi, dll ) menjadi jaringan yang aman, karena terkoneksi melalui SSH Tunneling. Jadi website, account, dll yang kita input tidak akan tercatat pada log di router ataupun server.

Apa itu SSH dan Kegunaanya

SSH ini dibuat dan didesain untuk mengganti Telnet dan semua remote protokol yang tidak aman. Secure Shell biasa digunakan pada Sistem Operasi Linux atau Unix Sistem namun sistem operasi windows juga dapat menggunakannya dengan bantuan program tertentu.

Jaman sekarang, SSH digunakan sebagai jalur internet gratis, tanpa mengurangi kuota atau pulsa. Ini merupakan salah satu kegunaan SSH yaitu forwarding atau tunneling. Biasanya digunakan alat tambahan seperti inject, proxyfier, proxy, dll. Namun sekarang saya tidak membahas internet gratis, tapi mungkin ditopik lain saya mungkin akan membahasnya, mungkin loh.

Kegunaan SSH

SSH merupakan protokan yang dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi di berbagai platform seperti Linux, Apple, Solaris dan Windows. Nah untuk kegunaanya sendiri adalah :

  • Pengganti Telnet untuk masuk ke remote komputer.
  • Menjalankan perintah pada remote komputer.
  • Backup, Mirror dan Copy file dengan aman.
  • Sebagai forwarding atau tunneling.
  • Browsing website melalui proxy yang dienskripsi, menggunakan protokol SOCKS 5 maupun 4.
  • Secure File Transfer.

Cara Keja SSH

Untuk mengetahui cara kerja dari Secure Shell silahkan simak video berikut.

Nah semoga penjelasan saya mengenai ssh dan fungsinya dapat menambah pengetahuan dan mengubah pemikiran mas vroh sekalian tentang SSH atau Secure Shell hanya sebagai sarana internet gratis. Sampai Ketemu lagi di artikel berikutnya. Jangan lupa berkunjung lagi ke web ini biar kita bisa sama sama belajar.

Terimakasih, Ari

Related Posts
Comments ( 2 )
  1. desainavirss
    August 21, 2016 at 9:37 am
    Reply

    cara penerapannya bagaimana gan..

    • Ari Pratama
      Ari Pratama
      September 7, 2016 at 10:40 am

      Tergantung mas vroh mau ssh buat apa, kalo buat manage server, mas vroh perlu beli VPS untuk akses sshnya.

Leave a reply

Dimohon untuk tidak memasukkan live link (http,www) kedalam kolom komentar, jika ingin memasukkan domain anda, cukup isi namadomain dan tld nya, tanpa http dan www. Terimakasih ^^