Apa itu framework php dan jenis php framework

Apa itu framework php dan jenis php framework

Sharing kali ini, aye mau berbagi mengenai Framework PHP ataupun PHP Framework, yaitu sebuah tools yang mempermudah kita saat mendevelop sebuah website. Bagi kita yang sudah tau tentang pemrograman atau sedang belajar pemprograman, khususnya website, nah pasti pernah denger tentang framework php atau kalau misalnya belum pernah denger, ini aye kasih tau di artikel ini.

Oke diatas aye bilang kalo php framework ini mempermudah mendevelop website, tapi sebenarnya php framework itu sendiri merupakan sebuah kumpulan kode atau library yang kita gunakan untuk mendevelop sebuah website tanpa membuat fungsinya dari awal, jadi sudah disediakan strukturnya, CRUD nya, Query database nya dan lain lain. Jadi ini semacam shortcut untuk mempersingkat waktu dan memberikan kita kemudahan untuk tidak membuat kode yang berulang ulang dari nol.

Cara mempelajari framework php bisa bermacam macam, ada video tutorialnya, ada coursenya, comunitasnya, dan ada juga dokumentasi di website resminya. Jadi tidak perlu bingung untuk mempelajari framework php ini. Tapi ada satu hal yang perlu di notes, bahwa mas vroh disarankan mempelajari tentang konsep pemrograman OOP yaitu object oriented programming, ini bisa membuat kita lebih mudah untuk memahami cara kerja framework itu sendiri agar tidak tersesat saat troubleshoot atau jika ada bug yang muncul. Untuk artikel OOP nanti mungkin akan aye buatin lain waktu ya.

Keuntungan menggunakan PHP Framework

  1. Mempersingkat waktu.
  2. Menghindari repetitive code atau koding suatu fungsi secara berulang ulang.
  3. Tidak terlalu pusing memikirkan security karena sudah built in security, tapi bisa mas vroh tweak sesuai kebutuhan.
  4. Tersedia berbagai macam add ons atau modul yang menunjang
  5. Adanya komunitas pengguna framework tersebut yang memudahkan kita untuk troubleshoot atau meminta bantuan jika terdapat error, lain halnya kalo kita code sendiri dari awal, itu akan susah dipahami oleh orang lain untuk troubleshoot jika kita tidak memberikan code nya secara utuh.
  6. Style kodingan menjadi sedikit lebih rapi atau terstruktur dan udah dipahami oleh orang lain.
  7. Dan masih banyak lagi.

Macam atau jenis dari php framework

Berikut merupakan jenis jenis atau macam dari php framework yang memiliki fitur lumayan lengkap, komunitas yang besar dan tentunya gratis untuk dikembangkan.

  • Laravel.
  • CodeIgniter.
  • CakePHP.
  • Symfony.
  • Zend Framework 2.
  • Phalcon.
  • Yii.
  • Aura.
  • Dan lainnya.

Nah jadi itulah tentang php framework atau framework php ( dibolak balik sama aja, yang penting maksudnya jelas ). Untuk cara menginstallnya bisa lihat video dibawah ini, oh ya ini pake laravel ya frameworknya, untuk framework yang lain mas vroh bisa searching sendiri kan ya, toh udah gede juga tau cara nge kodein, hahaha ga penting. Oke cekidot.

Oke sekian dulu dari aye tentang frameworknya, kalo ada pertanyaan bisa tulis di kolom komentar dibawah ya.

Regards,

Ari

Related Posts
Leave a reply

Dimohon untuk tidak memasukkan live link (http,www) kedalam kolom komentar, jika ingin memasukkan domain anda, cukup isi namadomain dan tld nya, tanpa http dan www. Terimakasih ^^